Share this history on :

Jumat, 12 Oktober 2012

0 Pengertian HTML


Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Kalian Ya...!!!

HTML adalah singkatan Hyper Text Markup Language, Pengertianya adalah salah satu bahasa yang paling umum dan paling sederhana untuk menulis di webside. Ibaratnya seperti orang yang berbeda bahasa maka cara berbicara pun berbeda, Internet juga memiliki bahasa sendiri diantaranya HTML. Dengan bantuan bahasa HTML maka kita dapat membuat dokumen dan meng-uploadnya di internet sesuai yang kita inginkan. 
HTM adalah file teks atau file ASCII yang berisikan  perintah dengan script kepada web browser agar  menampilkan suatu tampilan grafis dari sebuah halaman di webside.
Dalam file HTML terdiri dari beberapa “tag HTML” atau kode-kode HTML yang dimengerti oleh web browser agar dapat menampilkannya pada halaman-halaman web. 
File HTML dapat dibuat  melalui aplikasi text editor apapun di sistem operasi apa saja, antara lain : Notepad di Windows, juga telah banyak tersedia aplikasi-aplikasi untuk mengedit HTML. File HTML ini juga bisa dibuat pada aplikasi MS. Word asalkan menyimpannya melalui save as  format plain text. 
Salah satu kelebihan dari file HTML adalah cross platform, yang artinya file HTML dapat ditampilkan di beberapa Sistem Operasi yang berbeda dan memiliki tampilan yang sama persis meskipun saat pembuatan dan pengeditannya menggunakan operating sistem dan computer yang berbeda. 
Lalu apasih yang dapat dilakukan dengan HTML ?
Yang dapat dilakukan dengan HTML antara lain sebagai berikut :
            Dapat memodifikasi format teks
HTML memungkinkan kita untuk memodifikasi tampilan atau format dokumen yang akan kita publikasikan melalui media Internet. Beberapa hal yang dapat dilakukan HTML dalam menentukan format dokumen tersebut diantaranya :
            Kita dapat mengubah-ubah ukuran dan bentuk pada font untuk suatu karakter tertentu.
            Kita dapat menampilkan suatu kelompok kata dalam beberapa ukuran yang dapat digunakan untuk judul, heading dan sebagainya.
            Kita dapat menampilkan dokumen atau naskah dalam bentuk huruf yang mirip dengan hasil ketikan mesin ketik
            Kita dapat menampilkan teks dalam bentuk cetakan tebal
            Kita dapat menampilkan sekelompok kata dalam bentuk miring

            Dapat menampilkan daftar sesuatu dalam bentuk point-point (item)
Dengan HTML kita dapat menampilkan daftar atau deretan informasi dalam bentuk point-point (item) sehingga lebih mudah dibaca dan dipahami. 
Konsep hypertext pada HTML memungkinkan kita untuk membuat link pada suatu kelompok kata atau frase untuk menuju ke bagian manapun dalam World Wide Web (WWW). 
Ada tiga macam link yang dapat kita gunakan :
            Link menuju bagian lain dari page
            Link menuju page lain dalam satu web site
            Link menuju resource atau web site yang berbeda

            Dapat menyisipkan citra
Dengan menyisipkan citra maka tampilan page kita akan lebih menarik, interaktif dan informatif untuk mendukung data-data lainnya dalam bentuk teks.

            Dapat menampilkan informasi dalam bentuk tabel
Penampilan informasi dalam bentuk tabel ini akan mempermudah pembaca untuk memahami informasi yang kita tawarkan. Penggunaan tabel ini juga dapat dilakukan untuk menambah nilai estetika dari page yang akan kita rancang.

Dengan memahami dasar-dasar dengan terlebih dahulu mengetahui Pengertian HTML dan Pengenalan HTML di harapkan dapat berlanjut ketingkat selanjutnya dimana berhubungan dengan dunia website yang bersangkutan dengan webmaster sebagai struktur desainer sekaligus admin manajemennya.

0 komentar:

Posting Komentar